Ada sosok tak terduga di 2 foto bung Karno ini - Khazahk.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ada sosok tak terduga di 2 foto bung Karno ini

Foto kenegaraan biasanya bersifat serius dan “bersih” dari segala macam gangguan. Namun, foto-foto kenegaraan Republik Indonesia pada era terdahulu ternyata tak seperti itu. Potret-potret resmi tersebut tak jarang ikut merekam insiden tidak lazim.

“Photobomb”, begitulah generasi milenial kekinian menyebut foto-foto yang seharusnya serius tapi ternyata “terganggu” oleh kehadiran subjek potret yang lain.

Setidaknya, itulah yang terdapat dalam dua foto resmi RI pada masa Presiden pertama Soekarno dan pejuang kemerdekaan.

Kedua foto itu diunggah oleh akun @imanbr di Twitter, milik pekerja seni sekaligus sutradara Iman Brotoseno, Minggu (9/7/2017) pekan lalu.

Foto pertama yang diunggah Iman adalah potret Bung Karno dan anggota kabinet pertama RI.

“Foto kabinet pertama RI. Menlu (Menteri Luar Negeri) jasnya kesempitan. Menteri Pertahanan malah pakai celana pendek dipadu jas. Hanya Bung Karno paling parlente,” tulis Iman sebagai keterangan foto tersebut.



Selain memperdebatkan siapa saja nama menteri kabinet pertama, warganet juga ternyata mendapati “sosok misterius” yang secara tak sengaja turut terpotret.

Pada foto tersebut, terdapat seorang anjing yang asyik berjalan di hadapan Bung Karno dkk, suatu hal yang tak mungkin terjadi dalam foto kenegaraan di era kiwari.

“@imanbr @thungak10 Waduh, fokusnya jadi ke hewan yang melintas. Masuk sejarah juga,” tulis akun @parlindsinurat.

Akun @medslove bahkan mengomentari perawakan anjing tersebut yang cocok dengan era Indonesia baru merdeka dari penjajahan Belanda. “Zaman lagi susah, anjing (?) yang di depan juga kurus,” tukasnya.

Sementara akun @kelvin_bdg dan @ariep_ginanjar justru menilai foto tersebut unik dan menjadi “photobomb” legendaris,

“Nah ini nih, selalu penasaran dengan si kaki empat itu, anjing atau kambing? Photobomb legendaris,” kicau @kelvin_bdg. “Terlihat funky malahan,, asik dilihat,” timpal akun @ariep_Ginanjar.

Tak hanya foto itu, Iman juga mengunggah selembar foto Bung Karno tengah berfoto bersama pemimpin kemerdekaan India Jawaharal Nehru dan Indira Gandhi.

Namun, alih-alih mereka foto bertiga, ternyata ada sosok yang “mengganggu” sesi foto bersama tamu kenegaraan tersebut.

Sosok itu adalah putra sulung Bung Karno, Guntur Soekarnoputra yang asyik melintas di depan ketiga pemimpin dunia itu menggunakan sepeda roda tiga menggonceng Megawati Soekarnoputri.

“Biasa zaman itu. Foto dengan pemimpin negara lain. Tiba tiba lewat sepeda Guntur memboncengi Megawati,” tulis Iman sebagai keterangan foto.


Warganet menganggap foto itu unik dan lucu. “Lucu banget fotonya, tamu negara biasa saja ada Guntur dan Mega sepedaan. Kalau sekarang pasti pasukan nyinyir keluar,” tulis akun @dede318a.
Suara.com