Korea Utara luncurkan rudal antar benua jangkauan ke AS bikin Donald Trump ketar-ketir - Khazahk.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Korea Utara luncurkan rudal antar benua jangkauan ke AS bikin Donald Trump ketar-ketir

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengecam peluncuran rudal balistik antarbenua atau ICBM yang baru saja dilakukan Korea Utara (Korut). Ini merupakan peluncuran ICBM kedua yang dilakukan Korut.




"Dengan mengancam dunia, senjata-senjata ini dan uji coba-uji coba lebih lanjut akan semakin mengucilkan Korea Utara, melemahkan ekonominya dan merugikan rakyatnya," ujar Trump dalam pernyataan tertulis.

"Amerika Serikat akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan keamanan tanah air Amerika dan melindungi sekutu-sekutu kami di wilayah tersebut," tegas Trump seperti dilansir CNN, Sabtu (29/7/2017).


Departemen Pertahanan AS menyatakan, rudal tersebut diluncurkan dari Mupyong-ni pada Jumat (228/7) sekitar pukul 23.41 waktu setempat, dan terbang sejauh 1.000 kilometer sebelum jatuh di perairan lepas pantai Jepang.

Uji coba tersebut diperintahkan oleh pemimpin Korut Kim Jong-Un yang menegaskan, program senjata negeri komunis itu merupakan aset tak ternilai yang tak bisa diambil atau digantikan. Kim mengatakan seperti dikutip kantor berita resmi Korut, KCNA, peluncuran rudal tersebut mengkonfirmasi bahwa daratan AS berada jangkauan serangan rudal Korut.

Kim juga mengatakan, uji coba tersebut menunjukkan kemampuan Korut untuk meluncurkan rudal "kapan saja dan di mana saja."

"Pemimpin Kim Jong-Un menyatakan kepuasan tinggi dengan uji coba yang sangat berhasil tersebut dan memuji para pengembangnya," demikian dilaporkan KCNA.

"Pemimpin menyatakan dengan sangat bangga bahwa uji coba itu juga mengkonfirmasi seluruh dataran AS berada dalam jangkauan serangan kami," demikian disampaikan KCNA.
Detik.com