Lima fitur Smartphone yang gak guna kini sudah di musnahkan, kamu masih pakai?

Saking canggihnya perkembangan teknologi zaman sekarang, khususnya pada industri ponsel, yang dahulu penggunaan HP terbatas, sekarang sudah menjadi smartphone yang bisa digunakan untuk mendukung segala aktivitas keseharian kita. Kalau untuk fitur ponsel terdahulu, pasti kamu ingat kan sama ponsel tahun 2010 ke bawah, ada yang memiliki fitur TV, masih menggunakan trackball, dan sebagainya.



Nah, kali ini Jaka mau berbagi ulasan tentang fitur-fitur ponsel apa saja yang dahulu sempat sangat populer, tapi sekarang sudah mulai ditinggalkan. Penasaran? Simak selengkapnya yuk!

1. Slide Keyboard
Dulu,fitur slide keyboard pada handphone sangatlah istimewa. Kalau belum punya ponsel yang seperti ini, seakan belum bisa dibilang keren.

Sebenarnya sampai saat ini masih ada beberapa smartphone yang mengandalkan fitur tersebut. Namun, hanya Sony Xperia yang masih bertahan dengan fitur slide keyboard.

Semenjak ada Android, kini slide keyboard sudah tidak digunakan lagi. Entah apa alasannya, yang jelas ke depannya fitur ini tidak akan ada lagi di smartphone masa depan.


2. Infrared
Nah, pasti kamu tahu sama fitur HP jadul yang satu ini sebelum keluarnya Bluetooth, ya kan? Sama seperti slide keyboard di atas, selanjutnya setelah ada Bluetooth, masih ada beberapa perangkat yang mengandalkan infrared, namun hanya beberapa persen saja.

Alasan mengapa infrared ditinggalkan karena terlalu ribet untuk melakukan pengiriman ke perangkat lain, yakni dengan cara menempelkan sensor infreared. Zaman sekarang, untuk mengirim sebuah file tidaklah harus demikian, sebab dengan mengandalkan Bluetooth ataupun Share It lebih praktis dan cepat.

3. Flip Phone
Yakin banget deh, kalau pada dulu kamu belum punya ponsel berdesain flip, maka belum bisa dibilang keren. Dulu memang ponsel flip terlihat istimewa. Namun, sekarang ponsel berdesain flip sudah mulai ditinggalkan.

Kerennya, HPdengan desain flip ini ketika ada telepon ataupun SMS, harus dibuka dulu, dan akan keliatan keren. Meskipun saat ini di Indonesia sudah sangat jarang ditemukan HP berdesain flip, kabarnya Samsung baru-baru ini telah berhasil merilis perangkat Android berdesain flip, hanya saja cuma tersedia di Korea Selatan dan jepang saja.

4. TV Tuner

Kalau yang ini tidak terasa dan bahkan sudah mulai hilang. Pasti ingat kan saat kamu punya HP jadul yang pakai fitur TV Tuner? Supaya bisa nonton TV di HP, kamu hanya perlu membuka aplikasinya dan memperkuat sinyal dengan mengeluarkan antena.

Meskipun dulunya pernah ngehits, sekarang sudah tidak berguna lagi. Ya, pastinya karena sudah kalah populerdengan fitur yang ada pada smartphone sekarang, yakni YouTube dan streaming online.

5. Trackball
HP yang mengandalkan trackball dahulu sempat menjadi buruan karena memiliki keunikan tersendiri, seperti ada pada BlackBerry.

Namun, apakah sekarang masih ngehits? Tentu saja sudah sangat jarang. Hanya BlackBerry yang masih bertahan, itu pun untuk BlackBerry keluaran terbaru, sudah tidak ada fitur seperti itu.

Alasannya sudah pasti, meskipun dahulu memiliki keunikan sendiri, sekarang sudah kalah unik semenjak ERA Touchscreen muncul sehingga pihak BB pun turut mengikuti zaman dengan cara merilis perangkat BB Touchscreen.

Nah, itulah beberapa fitur ponsel yang sudah mulai ditinggalkan zaman sekarang. Meskipun belum 100 % hilang, Jaka yakin bahwa semakin berkembangnya gadget, 5 fitur ponsel di atas akan dilupakan sama sekali ke depannya. Bagaimana menurut kamu? Silakan bagikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya.
Line.me
Lebih baru Lebih lama