Ibu guru asal Magelang ini bernama "Kukira Januari" karna pas lahir nya terlalu cepat sebulan dari dugaan orang tuanya - Khazahk.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ibu guru asal Magelang ini bernama "Kukira Januari" karna pas lahir nya terlalu cepat sebulan dari dugaan orang tuanya

Belakangan ini, seorang wanita asal Magelang viral di media sosial, setelah foto KTP miliknya tersebar di dunia maya. Wanita ini punya nama yang unik banget, yaitu "Kukira Januari". Jarang-jarang kan kamu ketemu pemilik nama kayak gini? Mbak Kukira Januari ini, akrab dipanggil dengan sebutan Ira. Nah, dia sendiri gak tau gimana caranya KTPnya bisa tersebuar.



"Saya tidak tahu siapa yang upload, tiba-tiba heboh aja," kata Ira, dilansir dari Kompas.com.

Tapi, Mbak Ira mengakui kalau emang benar nama aslinya adalah Kukira Januari. Awalnya, ketika lahir pada 18 Desember 1988 silam, ia diberi nama Elvira Januari. Tapi, nama Elvira kemudian diganti karena artinya gak bagus.

"Kata Bulik (tante) saya, Elvira itu artinya kurang baik. Lalu disarankan untuk cari pengganti. Waktu itu saya masih Taman Kanak-Kanak (TK)," jelas Ira yang guru Bahasa Jawa di SMK Negeri 1 Kota Magelang itu

Kemdian, orangtuanya mengganti namanya menjadi Kukira Januari. Nama depan ini dipilih, karena menurut perkiraan Dokter, Ira harusnya lahir bulan Januari. Eh, ternyata dia malah lahir bulan Desember atau sebulan lebih cepat.

Alumni Jurusan Bahasa Jawa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini masih merasa biasa dengan nama yang disandangnya itu. Keluarga dan teman-temannya saat Sekolah Dasar (SD) juga tidak pernah mempermasalahkan.

Tapi, dia sering banget ditertawakan penumpang setiap kali melihat papan nama yang terpasang di baju seragam sekolahnya. Tapi, dia memilih untuk mengabaikan semua tawa itu.

Ketika SMP hingga kuliah, namanya ini kerap menjadi bahan lelucon. Apalagi Mbak Ira dikenal aktif dan mudah bergaul dengan siapapun. Jadi, temennya banyak, dan banyak juga yang bikin lucu-lucuan tentang namanya.



"Kalau teman-teman awalnya pasti geli ya, tapi lama-lama sudah biasa. Kalau murid-murid juga suka bertanya, terutama kalau pas perkenalan. Tapi kadang saya bilang sama mereka 'ndak usah tanya ya' hahahaha," ucap sosok yang dikenal humoris ini.

Mbak Ira juga pernah komplain kepada orangtuanya karena memberi nama yang membuatnya sering dibully. Apalagi nama kakak dan adik laki-lakinya normal. Tapi, orangtuanya selalu meyakinkan dia kalau nama itu mengandung makna yang baik.

“Pernah sedih kalau di-bully, tapi bapak bilang justru saya harus bangga, karena hanya ada satu nama Kukira di dunia. Saya pun diam dan menerimanya saja sampai sekarang. Kalau ada yang meledek sudah biasa saja, disenyumin aja,” tutur istri dari Marvin Novianto (27) ini.

Berkaca dari pengalaman ini, Ira tidak memberikan nama aneh-aneh pada anaknya Dia memilih menyematkan nama Qinaa Muhammad kepada anaknya yang masih berusia 9 bulan.

"Cukup saya saja lah. Ingat dulu saya diledek, jangan sampai anak saya mengalami juga," ujarnya.
Nah, menurut kamu gimana? Unik banget kan namanya? Tertarik membuat nama anak yang unik juga nanti? Makanya, buruan nikah.
Keepo.me