Ini Peran Ivan Hasibuan dan Kiki Hasibuan di First Travel. Pantes… - Khazahk.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ini Peran Ivan Hasibuan dan Kiki Hasibuan di First Travel. Pantes…

Kepolisian mengindikasikan adanya tersangka baru dalam kasus penipuan First Travel terhadap lebih dari 35 ribu calon jemaahnya. Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul menyatakan, indikasi tersebut didapat berdasarkan pemeriksaan pasangan Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan.


Meski begitu, Mertinus enggan menyebut identitas sosok dimaksud.

“Nanti saja, kan ini (penyidikan) jalan terus. Tunggu saja,” ujarnya, Rabu (16/8).

Berdasarkan informasi yang beredar, polisi saat ini juga sudah mengembangkan pemeriksaan kepada dua orang lainnya, yakni anik Anniesa Desvitasari Hasibuan.

Keduanya adalah Ivan Hasibuan dan Kiki Hasibuan. Bahkan, keduanya juga tengah menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri hingga Rabu (16/8) malam.

Pengakuan Korban. Keberangkatan diundur setahun lebih, Uang Setoran Tak Bisa Ditarik

“Masih diperiksa sejak siang tadi,” singkat Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Herry Rudolf.

Ivan dan Kiki sendiri diperiksa karena memiliki peran, posisi dan jabatan di dalam perusahaan First Travel. Kiki diperiksa sebagai saksi dalam kapasitasnya sebagai manajer keungan perusahaan tersebut.

Sementara Ivan, duduk sebagai komisaris perusahaan bersama Kiki. Dari sejumlah petunjuk dan barang bukti yang ditemukan penyidik, nama Kiki dan Ivan tertera dalam pembelian sejumlah barang berharga.
Namun, Herry juga masih enggan membeberkan barang berharga apa yang dimaksudnya itu.

Diperoleh informasi, Kiki dan Ivan ini pula lah yang berperan sebagai pengatur keuangan perusahaan kakaknya.
Seperti diketahui, polisi sudah menangkap dan menetapkan pasangan Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan sebagai tersangka.

Sangkaan polisi, keduanya melakukan penipuan dan penggelapan serta tindak pidana pencucian uang. Dalam catatan, korban pasangan yang memiliki ‘istana megah’ di Bogor itu mencapai lebih dari 35 ribu calon jemaah.

Kerugian yang ditaksir pun tak main-main yakni mencapai Rp550 miliar.

Sayangnya, dari sejumlah rekening tabungan yang disita, polisi yang mendapati saldo sekitar Rp1,3 juta saja.

Polisi pun sudah menyita sejumlah harta dan aset pasutri tersebut, diantaranya sebuah rumah mewah di Sentul, Bogor dan sebuah bangunan perkantoran.

Selain itu, juga disita sejumlah kendaraan mewah antara lain, Toyota Innova hitam nopol B 1866 URD, Toyota Avanza silver nopol B 1886 UZH dan Daihatsu Sirion putih nopol B 288 UAN.

Juga ada Toyota Vellfire putih nopol F 777 NA, Pajero Sport Dakar putih nopol F 111 PT dan VW Caravelle putih nopol F 805 FT.

Kepada penyidik, Andika dan Anniesa mengaku lupa dan bersikeras semua uang hasil setoran korban-korbannya habis dipakai operasional penyelenggaraan umrah.
Namun, keterangan itu diragukan karena ada dugaan kuat dana tersebut dialihkan ke dalam bentuk lain yang dapat dinilai dengan uang.

Rumah mewah pemilik First Travel Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan di Sentul, Bogor. Foto pojokjabar

Seperti aset properti, lahan, kendaraan, surat-surat berharga, perhiasan dan lainn sebagainya.
Pojoksatu.id