Mana lebih baik minum sebelum makan atau sesudah makan? - Khazahk.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mana lebih baik minum sebelum makan atau sesudah makan?

Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat untuk minum air putih atau jenis minuman lain sesudah makan. Ada yang bertujuab untuk melegakan tenggorokan agar tidak tersedak dan ada pula yang bertujuan agar dapat melancarkan proses pencernaan.



Dalam hal ini tentu minum air putih yang sangat dianjurkan karena memang bersifat netral dibandingkan minum teh atau kopi sesudah makan. Lalu apakah berbahaya jika minum dilakukan sesudah makan? tentu tidak berbahaya, namun menurut DR. Hiromi Sinya Ahli bedah berpengalaman selama 30 tahun di Jepang bahwa minum air putih sebelum makan justru lebih baik.

Ini dikarenakan air putih yang diminum satu jam sebelum makan akan membersihkan dinding usus sehingga dapat mudah menyerap sari makanan yang masuk ke usus. Akan tetapi jika minum teh atau kopi justru sebaliknya, karena akan menutup pori dinding usus sehingga sulit untuk menyerap sari makanan untuk tubuh. Pendapat DR. Hiromi Tersebut juga dituangkan dalam tulisan dibuku yang diterbitkannya yang berjudul "Miracle Enzim".

Jika minum air putih sebelum makan akan membawa manfaat tersebut, manfaat lain juga dapat mengatur nafsu makan. Sehingga tidak akan mudah untuk menambah porsi makan karena lambung sudah diisi air satu jam sebelumnya, makan akan terasa cepat kenyang.

Lalu sesudah makan bisa langsung minum air putih? Menurut DR. Hiromi Sinya sebaiknya tidak langsung minum air putih sesudah makan minimal jeda 30-60menit. Tujuannya agar dapat memberi waktu usus untuk menyerap sari makanan yang telah dikonsumsi sebelumnya, dan menjadi nutrisi untuk tubuh.

Setelah makanan yang dikonsumsi nutrisinya diserap baru bisa dibilas dengan minum air putih sehingga sisa makanan tersebut akan disalurkan menjadi ampas. Jika minum air putih dilakukan langsung sesudah makan justru nutrisi makanan yang dikonsumsi tidak sempat diserap oleh usus dan akan langsung terbuang menjadi ampas atau kotoran. Alhasil tubuh tidak pernah dapat nutrisi dari setiap makanan yang dimakan.

Nah bagi kamu yang sulit merubah kebiasaan yang langsung minum sesudah makan, alangkah baiknya merubah kebiasaan tersebut secara perlahan untuk kesehatan tubuh kedepannya. Walaupun memang sulit awalnya namun jika dimaksimalkan upayanya untuk perubahan pasti bisa