11 keanehan pada bumi yang hingga saat ini belum ada yang mampu menjawab, kamu bisa? - Khazahk.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

11 keanehan pada bumi yang hingga saat ini belum ada yang mampu menjawab, kamu bisa?

Banyak ilmuan mengungkap tentang rahasia Bumi yang tak banyak orang ketahui. Meski demikian tidak seluruhnya benar-benar terungkat. Nyatanya masih banyak mesteri yang belum pernah diungkap oleh para ilmuan.

Seperti yang dilansir TribunTravel.com dari laman brightside.me, mengungkap jika banyak bagian dari Bumi yang masih jadi teka-teki.

Sebut saja inti Bumi, fenomena dua bulan, dan lain sebaginya. Selengkapnya, yuk baca ringkasan berikut.

1. Mantel Bumi tidak pernah tercapai






Seismolog pernah berpendapat jika inti planet kita padat sedangkan yang luar cair. Namun, itu benar atau tidaknya masih belum bisa dibuktikan karena para ilmuan belum benar-bener pernah sampai pada inti Bumi. Kedalamannya mencapi 2.900 km. Dan lubang terdalam Bumi yang ada di Rusia hanya sedalam 12,3 km.


2. Kutub dapat berubah



Kutub magnet Bumi dapat bergerak dan berubah arah, para ilmuan menyebutnya terjadi berkali-kali. Perpindahan yang pernah terjadi kurang lebih 10 juta tahun yang lalu dan tidak ada yang tahu mengapa.


3. Dua bulan



Para astronom mengatakan jika Bumi memiliki dua satelit sekitar 4.6M tahun lalu. Yang kedua sekitar 1.200 km melintasi dan mengitari orbit yang sama dengan bulan dan tidak pernah bertabrakan. Fenomena tersebut mungkin menjelaskan mengapa dua sisi bulan terlihat berbeda.


4. Moonquakes



Tahukah traveler jika beberapa tahun lalu Bulan pernah mengalami gempa. Hal itu terjadi tidak begitu kuat dan juga sangat jarang. Banyak yang menyebutkan jika gempa tersebut terjadi karena pasang surut Matahari dan Bumi.


5. Bumi berputar sangat cepat





Bumi berputar 1.600 km/jam dan pergerakannya di sekitar Matahari lebih cepat yaitu 108.000 km/jam.

Namun apa yang kita rasakan sama sekali tak secepat itu bukan?

Karena kecepatan konstan dan gaya gravitasi, kita tidak merasa sama sekali.


6. Waktu "Bertambah"



Sekitar 620 tahun yang lalu, sehari di Bumi ini hanya 21,9 jam. Namun lambat laun waktu semakin bertambah pada tingkatan 70msec per 100 tahun.


7. Gravitasi yang aneh

Planet kita bukanlah sebuah lengkungan, jadi yang tinggal dengan gravitasi rendah dan ada pula yang tinggi. Salah satu anomali terjadi di Teluk Hudson di Kanada. Para ilmuan menemukan jika lemahnya gravitasi karena kepadatan yang Bumi yang rendah akibat gletser.


8. Daerah terpanas dan terdingin Bumi


Tempat terpanas di planet ini ada di 'Aziziya, Libya, dengan suhu sampai + 58 °С. Sedangkan terdingin satu adalah Antartika, di mana suhunya berada pada -73 °С. Tetapi suhu terendah yang diamati terdaftar di Stasiun Vostok Rusia pada 21 Juli 1983 (-89,2 °С).



9. Planet tercemar berat




Para astronot mengatakan jika pada 1978, pandangan Bumi agak berbeda dari apa yang kita lihat sekarang. Dengan banyak puing-puing ruang dan limbah, planet biru-hijau-putih yang dulu menjadi coklat-abu-hitam.


10. Bumi terdiri dari besi, oksigen, dan silikon


(brightside.me)

Jika kita memisahkan konstituen dari planet, itu akan terlihat dari 32,1% besi, 30,1% oksigen, 15,1% silikon, dan 13,9% magnesium.

Sebagian besar besi (sekitar 90%) dianggap terkandung dalam inti Bumi, sedangkan kerak mengandung paling banyak oksigen (47%).

11. Laut tersembunyi



(brightside.me)

Para ilmuwan menemukan sebuah kolam air besar jauh di bawah permukaan Bumi sedalam 410-660 km.

Kolam ini berusia 2,7 miliar tahun dan telah ditemukan berkat ringwoodite terkandung dalam mantel Bumi.

Air berada di bawah tekanan besar, dan volumenya cukup untuk mengisi semua lautan Bumi tiga kali lebih banyak.

Fenomena ini melahirkan teori bahwa lautan muncul karena suatu ledakan di laut bawah tanah.
tribunnews.com