Kejam banget, pemerintah Myanmar blokir semua bantuan dari PBB untuk pengungsi - Khazahk.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kejam banget, pemerintah Myanmar blokir semua bantuan dari PBB untuk pengungsi

Pemerintah Myanmar dilaporkan telah memblokir bantuan kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di tengah krisis kemanusiaan yang melanda etnis minoritas Rohingya di negara bagian Rakhine.


Media Inggris, The Guardian, membut laporan ekslusif pada Selasa (5/9/2017) bahwa PBB terpaksa menghentikan bantuan berupa makanan, air, dan obat-obatan ke ribuan warga sipil di Rakhine utara sejak akhir Agustus lalu.

Bantuan dihentikan karena situasi keamanan yang semakin memburuk di kawasan yang dihuni masyarakat Rohingya itu.

Penyaluran bantuan juga semakin sulit dengan adanya batasan kunjungan dari pemerintah Myanmar ke negara bagian yang berbatasan darat dengan Banglades itu.

Ada juga yang visanya belum kunjung disetujui otoritas Myanmar sehingga membuat mereka tidak dapat berbuat banyak. Situasi memang semakin panas.

Konflik antara kelompok militan dan militer Myanmar telah berujung tewasnya ratusan orang.

Markas PBB di Myanmar tetap melanjutkan bantuan di kawasan lain di Rakhine namun berharap dapat segera menyalurkan kembali ke suku Rohingya. Bukan hanya PBB yang mengalami kesulitan.

Dilaporkan, 16 organisasi LSM lain seperti Oxfam dan Save the Children mengeluh pemerintah Myanmar membatasi gerak-gerik mereka ke Rakhine. (tribunnews.com)