Kronologi Kasus Jessica Setia yang Dihajar Petugas Keamanan di Korea Selatan, Yang Gak Kuat Jangan Baca - Khazahk.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kronologi Kasus Jessica Setia yang Dihajar Petugas Keamanan di Korea Selatan, Yang Gak Kuat Jangan Baca

Netizen Indonesia baru saja dikejutkan dengan pemberitaan seorang gadis bernama Jessica Setia. Jessica Setia adalah warga Indonesia yang mengalami pemukulan di sebuah klub malam di Busan, Korea Selatan. Peristiwa yang menimpanya menjadi viral karena diposting di Facebook oleh sang kekasih, Joshua Irwin.





Menurut postingan Joshua Irwin, beginilah kronologi kejadian sebenarnya. Di akhir pekan pertama di bulan September, Jessica Setia, Joshua Irwin, orang Indonesia yang bernama Gabrielle, beserta beberapa orang lagi mendatangi klub malam bernama Groove di Busan.


Mereka tiba pukul 23.00 waktu setempat dan harus menjalani pemeriksaan saat akan memasuki klub tersebut. Ketika petugas memeriksa ID mereka, Gabrielle menunjukkan KTP miliknya sambil berbicara dengan Joshua Irwin.

Petugas yang memeriksanya tidak menyukai kelakuan Gabrielle yang tidak fokus itu dan langsung melempar KTP-nya ke lantai. Gabrielle pun mengambilnya sambil mengatakan jika yang dilakukan petugas tersebut sangatlah tidak sopan.

Namun, petugas tersebut malah mengeluarkan kata-kata kasar kepada Gabrielle dan berteriak di depannya.



Petugas itu juga menyuruh mereka keluar dengan kasar sambil mendorong hingga jatuh ke tangga.
Mereka pun tidak terima dan berteriak balik ke arah petugas tersebut. Barulah, sang petugas naik darah dan memukul Jessica Setia di bagian mulut beberapa kali.Jessica Setia yang diposting di facebook

Selain itu, teman-teman Jessica Setia pun ikut berdarah namun tidak separah Jessica. Mereka langsung menghubungi polisi yang datang ke lokasi dengan sangat cepat. Polisi langsung naik dan mewawancarai petugas tersebut akan tetapi mereka tidak percaya jika Jessica akan mendapatkan keadilan, karena:

1. Petugas tersebut orang Korea dan Jessica orang asing

2. Tidak ada CCTV di tempat

3. Saksi mata kebanyakan orang asing sehingga kemungkinan besar pernyataan mereka tidak dipercaya karena dianggap akan membela sesama orang asing.

Yang membuat Joshua Irwin tambah marah adalah saat polisi masih menginvestigasi, petugas klub lain malah tertawa dan tidak terlihat bersalah.

Meski begitu, pihak kepolisian tetap menjalankan tugas mereka dengan baik dan tidak berpihak kepada petugas klub tersebut.

Orang-orang Korea yang ada di jalanan itu juga ikut membantu membelikan tisu basah, air, dan terus menelepon polisi untuk mematikan.

Mereka kemudian dibawa ke rumah sakit dan Jessica Setia mendapatkan 8 jahitan.

Jessica Setia juga harus menjalani CT Scan untuk melihat apakah semua organ kepalanya normal.

Joshua Irwin yang seseorang dengan ras kaukasian merasa kejadian ini tidak akan terjadi jika orang-orang Indonesia itu adalah orang asing dengan ras kaukasian juga.

Yang dilakukan Gabrielle hanyalah tidak fokus saat petugas memeriksa ID card-nya.

Joshua Irwin juga pernah melakukan hal itu beberapa kali namun tidak pernah mengalami perlakuan rasis.

Ditambah lagi, saat perkelahian berlangsung, tidak ada seorang pun yang mendekatinya namun malah ke arah teman-temannya yang orang Indonesia.

Jessica Setia sendiri mengaku sering direndahkan di Korea Selatan karena berasal dari negara di Asia Tenggara.

Postingan tersebut menerima lebih dari 1000 likes, 650 share, dan 200 komentar.
tribunnews