Perjuangan Dukung Timnas U-19: Jadi Penyusup hingga Tahan Jeritan - Khazahk.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perjuangan Dukung Timnas U-19: Jadi Penyusup hingga Tahan Jeritan

Stadion Thuwunna, Yangon, tidak seramai sebelumnya. Kursi-kursi tampak lengang ketika Timnas Indonesia U-19 bertemu Filipina pada lanjutan Piala AFF U-18, Kamis (7/9/2017). Kondisi ini berbeda ketika Garuda Nusantara berhadapan dengan tuan rumah, Myanmar dua hari sebelumnya. Penonton yang didominasi suporter tuan rumah masih memadati tribun.


Ardiansyah dan Rochani dua dari segelintir penonton yang menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia U-19 melawan Filipina. Namun, perjuangan mereka tidak sia-sia, sebab tim kesayangannya, Garuda Nusantara tampil menghibur dan menang telak 9-0 atas Filipina.

Ini merupakan kemenangan kedua yang disaksikan Ardiansyah dan Rochani selama mengikuti perjalanan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-18, 2017. Sebelumnya, mereka juga hadir di Thuwunna saat timnas menang dramatis 2-1 atas Myanmar, Selasa (5/9/2017).

Menurut Ardiansyah, suporter Indonesia sebenarnya jauh lebih banyak saat Timnas Indonesia U-19 melawan Myanmar. Namun karena membaur dengan suporter tuan rumah, keberadaannya jadi sulit terdeteksi. Mereka terpaksa menyusup di antara barisan pendukung Myanmar karena belum ada koordinasi bagi suporter Timnas Indonesia.

"Kami berada di antara suporter Myanmar. Saya datang bersama beberapa teman," kata Ardiansyah yang ditemui Bola.com seusai duel Filipina vs Indonesia, Kamis (7/9/2017).

Ardiansyah menjelaskan, ratusan warga Indonesia yang berdomisili Yangon sebenarnya sempat berkumpul di KBRI di Yangon saat Hari Raya Iduladha, Jumat (1/9/2017). Dalam momen seperti itu, biasanya WNI menerima arahan-arahan atau informasi terbaru dari KBRI. (Liputan6.com)