Terungkap, dibalik pembantaian Rohingya ternyata ada Israel yang memasok senjata - Khazahk.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Terungkap, dibalik pembantaian Rohingya ternyata ada Israel yang memasok senjata

Di balik berlanjutnya pembantaian warga Rohingya, ada Pemerintah Israel yang terus memasok senjata ke Myanmar. Lebih dari 100 tank dan alat persenjataan lainnya yang digunakan oleh polisi perbatasan Myanmar diperoleh dari Israel.



Menurut sejumlah kelompok aktivis HAM dan pejabat pemerintahan Myanmar, ada beberapa perusahaan senjata Israel yang memasok senjata untuk rezim Myanmar.

Termasuk di antaranya Tar Ideal, yang dikatakan terlibat dalam pelatihan pasukan khusus Myanmar yang kini ditugaskan di Rakhine.

Rakhine merupakan daerah di mana aksi kekerasan terhadap warga Rohingya terjadi.

Atas pemasokan persenjataan yang terus berlanjut itu, sejumlah aktivis melayangkan petisi yang mendesak Pemerintah Israel untuk menghentikan ekspor persenjataan ke Myanmar.

Pengacara yang mengadakan petisi itu, Eitay Mack, mengatakan bahwa memang Israel tidak punya kendali atas senjata yang diekspornya.

"Apa yang terjadi pada senjata-senjata yang dikirim ke Myanmar itu memang sudah di luar kendali Israel," ucap Mack, seorang pengacara HAM asal Tel Aviv, Israel.

"Namun dari apa yang kami lihat di situs resmi Tal Ideal, kami mendapati ternyata perusahaan itu juga mempersenjatai dan melatih pasukan Myanmar yang bertugas di Rakhine," katanya. ( sumber : Tribunnews )