Nggak Sembarangan, Ternyata Ada Alasan Kenapa Smartphone Berbentuk Persegi Panjang - Khazahk.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Nggak Sembarangan, Ternyata Ada Alasan Kenapa Smartphone Berbentuk Persegi Panjang

Kenapa yah kira-kira? | Di tahun 2017 ini, siapa sih yang nggak punya ponsel. Hampir semua orang punya benda mungil yang canggih ini. Bahkan, ada yang punya lebih dari satu. Itu saking kayanya atau gimana, nggak ngertilah pokoknya. Itu nggak begitu penting, yang bikin P! kepo sekarang adalah kenapa yah nggak ada ponsel yang bentuknya hati, bulat, segitiga, atau persegi gitu. Kepana semuanya berbentuk persegi panjang? Apakah itu kebetulan semata atau ada tujuannya yah?



Setelah cari tahu, kepo sana sini, akhirnya P! nemuin jawabannya nih. Ada beberapa alasan ilmiah (ada matematika juga) di balik bentuk ponsel yang kita punya.


1. Sejarah
Dari awal ponsel pertama kali dibikin emang bentuknya udah persegi panjang. Nggak ada yang bentuknya bulat apalai hati. Bentuk itu menyesuaikan dengan susunan keypad, layar, mikrofon, antena, dan speaker. Persegi panjang dianggap sebagai bentuk yang paling ideal biar semua alat itu bisa kerja optimal dan pengguna juga lebih enak pakainya.



2. Persepsi
Ada sifat alami manusia terkait persepsi. Tiap orang pengen ngeliat sebanyak mungkin hal terutama dalam hal hiburan. Nah, melihat sesuatu dengan media yang berbentuk persegi panjang dinilai paling efektif. Lo cuma butuh geser ke bawah atau ke atas. Bayangin aja kalo layar HP lo bulat, pasti layarnya bakal lebih sempit. Iya kan?



3. Aspek Rasio
Nyaman atau enggaknya lo ngeliat sesuatu itu ditentukan oleh aspek rasio. Nah, aspek rasio yang paling standar dan cukup bikin mata lo nyaman adalah 16:9. Udah makin jelas dong, kenapa HP harus berbentuk persegi panjang?


4. Simetri
Entah lo sadar atau enggak, tapi faktanya lo akan lebih nyaman saat ngebaca tulisan di media yang bentuknya persegi panjang. Tiap lengkungan alfabet di layar bakal kelihatan lebih elegan dan nggak bikin pusing.


5. Hemat tempat
Tanpa dikasih penjelasan, lo pasti udah paham cuma dengan ngeliat gambar itu. Kalo layar dipaksakan berbentuk lingkaran, bakal ada banyak ruang kosong yang terbuang. Beda sama bentuk persegi panjang yang nggak menyisakan ruang kosong.



6. Efektif
Yang terakhir ini adalah alasan yang paling gampang dicerna. Desain ponsel dibikin persegi panjang biar lebih gampang dibawa. Mau dipegang di tangan atau ditaruh di saku, ponsel ini tetep nggak akan bikin repot. Nggak kebayang deh kalo lo lagi buru-buru terus lo ngetik di ponsel yang bentuknya bulat. Pasti bakal susah banget tuh. ( provoke-online.com )