iPhone X resmi dijual di Indonesia, harganya ituloh bikin kepala puyeng...

iPhone X sudah mulai hadir di berbagai belahan dunia lewat Apple Store. Sayangnya di Indonesia belum ada Apple Store resmi, sehingga jika ingin langsung membeli perangkat itu konsumen harus rela terbang ke Singapura untuk membelinya di sana.



Kendati demikian, di marketplace online sudah ada beberapa pihak yang menjual iPhone X dengan cara pre-order. Penelusuran Tekno Liputan6.com, Sabtu (4/11/2017) salah satunya ditemukan di Tokopedia. Si penjual menawarkan 2 varian iPhone X dalam balutan warna silver atau space gray.

Untuk varian ROM 64GB, iPhone X dibanderol dengan harga Rp 26,2 juta. Sedangkan untuk varian ROM 256GB dibanderol Rp 28,2 juta.

Tentunya harga ini sangat jauh dari harga asli iPhone X, yakni termurah US$ 999 atau setara Rp 13,5 jutaan untuk varian ROM 64GB. Pada lapaknya, si penjual menuliskan waktu proses pre-order hingga barang tiba selama 4 minggu.

Dia juga menjamin iPhone X yang dijualnya masih disegel dan mendapatkan garansi 1 tahun dari Apple Store resmi.


Sudah Penuhi TKDN
Sekadar diketahui, di Indonesia sebenarnya iPhone X sudah mengantongi sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). Hal ini terungkap dari laman Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian.

Ada tiga jenis iPhone yang mendapatkan sertifikat per tanggal 13 Oktober 2017 yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Adapun sertifikat diberikan kepada PT. Apple Indonesia.

Pada salah satu dokumennya, tertulis iPhone X telah memenuhi TKDN 30 persen. ( liputan6.com )
Lebih baru Lebih lama