Letakan bawang bombany di atas kepala, lihat perubahan nya sendiri

Bawang bombay biasanya dipakai untuk penyedap masakan. Namun, perlu diketahui ternyata bawang bombay juga punya manfaat lain bagi kesehatan. Jus bawang bombang dipercaya mampu mengatasi rambut rontok.



Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Dermatology melaporkan bahwa mengoleskan jus bawang bombay sebagai masker ke kulit kepala dua kali sehari secara teratur selama dua minggu bisa membantu pertumbuhan rambut.

Khasiat ini paling dirasa oleh mereka yang memiliki Alopecia areata atau kebotakan di beberapa titik kepala. Para peserta dalam penelitian ini diketahui mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebanyak 74 persen setelah 4 minggu menggunakan masker bawang bombay. Pada pekan keenam, pertumbuhan rambut para peserta meningkat menjadi sekitar 87 persen. Pertumbuhan rambut dalam penelitian ini umumnya lebih optimal pada pria dibanding wanita.

Meski hasil penelitian ini mendapatkan hasil yang positif, namun masih diperlukan penelitian dalam skala besar untuk memastikan efektivitas penggunaan jus bawang bombay dalam mengatasi rambut rontok.

Seperti dikutip dari hellosehat.com, dalam penelitian ditemukan beberapa kandungan senyawa dalam bawang bombay yang bisa memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut kepala. Namun, ada hal yang harus diperhatikan sebelum mengaplikasikan bawang bawang bombay untuk perawatan rambut.

Perawatan ini tidak disarankan bagi yang memiliki alergi terhadap bawang. Sekalipun tidak memiliki alergi, tetap harus berhati-hati. Sebab bawang memiliki efek samping yang bisa menyebabkan kulit iritasi, ruam, dan gatal.

Untuk memastikan jus bawang bombay tidak menyebabkan iritasi, lakukan tes di kulit siku atau bagian belakang telinga terlebih dulu. Jika terjadi iritasi, jangan gunakan masker bawang bombay ini dan beralihlah pada cara lain untuk mengatasi rambut rontok.

Saat mengoleskan masker bawang bombay, pastikan cairan jus tidak menetes ke area mata karena bisa menyebabkan mata panas dan terasa perih. Jika jus bawang bombay terlanjur masuk ke dalam mata, segera bilas mata dengan air dingin.

Dalam kebanyakan kasus, orang enggan untuk mencoba cara ini karena tidak tahan dengan bau bawang yang terlalu menyengat. Namun, bisa disiasati dengan memakai penutup kepala untuk meredam aroma bawang. Cara lainnya adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk membantu mengurangi bau jus bawang bombay. (poy./merdeka.com)
Lebih baru Lebih lama