Sepele Sih, tapi Orang Sering Lupa Ngecek 7 Hal Ini Saat Belanja Pakaian

Cuma mau ngingetin aja... Saat beli barang apapun, pasti lo mau dapetin barang dengan kualitas terbaik. Itu udah hal paling manusiawi dan logis. Sayangnya, belakangan ini kebanyakan orang gampang percaya gitu aja dan terlena sama diskon, brand, atau model barang yang dia beli.


Alhasil dia asal ambil dan nggak ngecek detailnya. Kalo lagi beruntung sih barang itu bisa awet. Nah, pas lo lagi sial, paling barangnya remuk setelah sekali pakai. Makannya nih, P! mau ngingetin lo semua buat menguji kualitas barang terutama pakaian, sebelum lo memutuskan buat beli.


1. Cek kualitas kain


Model bajunya boleh bagus, tapi kualitas kainnya apa kabar nih? Lo harus pastiin bahannya nggak bakal kusut dan mengkerut atau molor setelah dicuci sekali. Caranya remas kain sampai beberapa detik. Setelah lo lepaskan, perhatiin kondisi kain itu. Kalo kainnya berkerut kayak kertas kusut, itu udah jadi kode. Setelah sekali cuci, pakaian itu bakal kusut.


2. Cek jahitan





Selain bahan, jahitan juga wajib diperhatikan nih. Jangan sampai lo beli baju yang gampang sobek. Nggak lucu kan kalo lo lagi kencan sama gebetan pakai baju baru eh malah sobek gara-gara lo sedikit pecicilan. Biar kesialan itu nggak menimpa lo, pastiin jahitan pakaian lo kenceng dan bagus. Coba tarik dibagian jahitan, tapi jangan terlalu kenceng takutnya sobek beneran. Lihat tingkat kerapatannya. Kalo masih rapat dan bagus, itu artinya kualitasnya bagus.


3. Cek resleting


Sangat direkomendasikan buat beli pakaian yang resletingnya terbuat dari logam, bukan plastik. Itu bakal leih awet. Nah, pakaian dengan resleting plastik biasanya akan dijual dalam keadaan terbuka. Itu adalah tanda kalo resletingnya jelek dan gampang rusak.



4. Cek lebar lipitan



Di bagian bawah pakaian pasti bakal ada lipitannya. Nah, pakaian dengan kualitas bagus, bakal ngasih jarak lipitan yang cukup lebar. Kalo mepet banget itu namanya hemat bahan. Yang penting baju jadi. Lipitan baju yang paling pas adalah 2 sentimeter sedangkan celana atau rok harusnya punya lipitan selebar 4 sentimeter.


5. Tarik pakaian


Pakaian dengan kualitas bagus akan kembali ke bentuk semula walaupun habis ditarik. Beda nih sama pakaian dari bahan yang jelek. Begitu lo tarik, udah langsung kendor aja tuh kain. Nggak bisa balik lagi kayak awalnya.


6. Perhatikan bagian label




Selain ngeliat label harga, perhatiin juga label pada pakaian yang mau lo beli. Di sana biasanya akan ada keterangan cara pencucian dan bahan baju yang dipakai. Pakaian yang terbuat dari 100% katun akan cepet mengerut setelah dicuci. Lebih baik pilih pakaian dengan bahan campuran 5-30%. Pakaian itu bisa lebih tahan lama dan nggak gampang menciut atau kendor.


7. Perhatiin lubang kancing dan kancing



Pakaian yang dibuat dari tempat ecek-ecek biasanya nggak peduli sama detail. Pokoknya asal jadi baju. Mereka sering bikin lubang kancing dan kancing yang sembarang banget. Untuk itu pastiin lo beli pakaian yang lubang kacingnya dijahit rapi dan nggak ada serat kain yang keluar.
provoke-online.com
Lebih baru Lebih lama