"Demi Indonesia", Laliga rela ubah jadwal El-Clasico - Khazahk.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

"Demi Indonesia", Laliga rela ubah jadwal El-Clasico

UNTUK memperluas pasar penonton di kawasan Asia, pihak La Liga Spanyol melakukan terobosan dengan mengubah jadwal kick off kompetisi sepak bola di ‘Negeri Matador’. Laga el Clasico yang mempertemukan Barcelona kontra Real Madrid akan menjadi jualan utama.


Untuk edisi perdana el Clasiso di La Liga musim ini yang akan berlangsung Sabtu (23/12) di Santiago Bernebeu, La Liga menggelar sepak mula pukul 12.00 waktu Madrid. “Waktu kick off tersebut di Shanghai pada pukul 20.00, pukul 19.00 di Jakarta, dan 17.30 di New Delhi,” ujar Joris Evers, Direktur Eksekutif La Liga Selasa (19/12).

Potensi penonton el Clasico di Asia terbilang paling besar di dunia. Total 650 juta orang di Asia menyaksikan duel se­ngit Barcelona dan Madrid di televisi. “Kami sangat antusias untuk memberikan kesempatan kepada para penggemar kami di Asia untuk menyaksikan Real Madrid dan Barcelona berhadapan langsung di saat-saat yang nyaman bagi mereka. Kami telah mengubah jadwal kick off sehingga bisa terlihat pada saat yang tepat di Asia dan kami akan terus mengambil langkah untuk memastikan bahwa bagian dunia ini dapat menikmati La Liga sebanyak mungkin,” ujar Evers.

Kawasan Asia menjadi pasar internasional terbesar kompetisi-kompetisi sepak bola di Eropa. Bahkan, Asia menjadi peminat terbanyak yang menyaksikan Liga Primer Inggris. Untuk La Liga, Asia menduduki peringkat ketiga di bawah Amerika Serikat dan Eropa soal hak siar. Keuntungan dari hak siar kawasan Asia lebih banyak diraih Liga Primer Inggris dengan pendapatan mencapai US$3,9 miliar. La Liga hanya mencapai US$1,9 miliar.

Peningkatan pasar Asia juga memenga­ruhi peningkatan sponsor di kompetisi strata tertinggi ‘Negeri Matador’ tersebut. Studi Nielsen Sports menunjukkan el Clasico musim lalu menghasilkan lebih dari US$42,5 juta nilai media sebagai sponsor. (AFP/Rul/R-2/mediaindonesia.com)