Tak Perlu Takut, Keluar Grup Whatsapp Kini Bisa Sembunyi-sembunyi

WhatsApp akan segera meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna keluar dari grup secara diam-diam dan hanya diketahui oleh admin.

Bos Meta Mark Zuckerberg memperkenalkan sederet fitur baru untuk meningkatkan keamanan dan privasi pengguna.


"Beberapa fitur privasi baru akan diluncurkan di WhatsApp: keluar dari grup tanpa notifikasi, mengontrol siapa yang dapat melihat saat Anda online, dan pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat. Kami akan terus membangun cara baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman layaknya percakapan tatap muka," terang Zuckerberg dalam sebuah keterangan pada Selasa (9/8).

Sederet fitur yang diluncurkan anak perusahaan Meta ini disebut sejalan dengan studi terbaru mereka tentang privasi. Studi tersebut membahas lebih dalam tentang peran privasi dalam percakapan yang berkualitas di aplikasi perpesanan.

Studi tersebut menemukan sekitar tiga dari empat orang atau sekitar 72 persen pengguna ingin berbicara secara jujur dan tanpa filter. Namun, hampir setengahnya atau tepatnya 45 persen tidak mau terlibat dalam diskusi yang terus terang kecuali mereka mampu melakukannya di ruang yang aman dan privat.

Berdasarkan studi ini, WhatsApp kemudian menelurkan fitur baru, salah satunya yang memungkinkan mereka meninggalkan grup tanpa notifikasi pada peserta grup lain.

"Tinggalkan grup dengan nyaman serta lebih banyak privasi. Notifikasi sistem bahwa seorang pengguna telah keluar dari grup hanya dapat dilihat oleh admin grup," tulis WhatsApp dalam keterangan resminya.

WhatsApp sendiri merupakan salah satu aplikasi pesan instan dengan pengguna terbanyak di dunia dengan total pengguna mencapai lebih dari 2 miliar.

Dengan banyaknya jumlah pengguna ini, privasi pesan menjadi salah satu bagian yang mendapat perhatian dari WhatsApp.

Lebih lanjut, WhatsApp juga memiliki beberapa fitur keamanan yang telah berjalan cukup lama seperti enkripsi end-to-end, cadangan yang terenkripsi, dan verifikasi dua langkah.

Sumber : CNN Indonesia

Lebih baru Lebih lama